Brand Ini Fasilitasi Pengembalian Sampah Kemasan

Tahun 2019 lalu, saya pernah menuliskan review natural skincare yang pernah saya pakai. Beberapa diantaranya akan saya ulas lagi disini, tetapi bukan pada skincarenya, melainkan kali ini saya akan fokus membahas tentang brand skincare yang memfasilitasi pengembalian sampah kemasan dari produk mereka.

Saya merasa ini adalah ide yang bagus dari bentuk tanggung jawab brand terhadap pengelolaan limbah fisik yang mereka hasilkan. Dulu saya pernah berpikir, seandainya setiap produk bekas pakai difasilitasi pengembalian kemasan langsung kepada para produsennya (terutama untuk barang-barang yang bergerak cepat), mungkin kita akan lebih sadar untuk memilah sampah sejak lama. Terutama bagi yang terdapat peringatan untuk tidak mencampurkan sampah produknya dengan sampah lain.

Berikut ini beberapa brand yang saya tahu telah menerapkan #suistanablebrand dan menyediakan pengembalian kemasan agar dapat didaur ulang. Kalau kamu punya daftar lain yang saya belum tahu, silakan tulis di komentar ya 🙂

The Body Shop

Pengembalian kemasan

Saya mulai dari merk yang terkenal dengan 100% vegetarian ini, karena kebetulan saya juga memiliki member cardnya. Saya senang sekali setiap saya mampir dan menyerahkan botol kosong habis pakai saya merasa lega. Bukan saja karena saya meminimalisir produksi sampah, tetapi juga karena TBS memberikan poin di member card untuk partisipasi ini. Jurus ini cukup jitu ya untuk menaikkan kesadaran konsumennya.

Sensatia Botanicals

Pengembalian Kemasan

Sensatia botanicals adalah brand skincare asal bali yang semua produknya diolah dari bahan-bahan natural. Saya suka sekali produk-produk dari Sensatia Botanicals, wanginya membuat perasaan saya lebih calm. Brand ini menyediakan pengembalian kemasan habis pakai seperti TBS. Mereka juga memberikan casava bag yang lebih ramah lingkungan dan mudah terurai sebagai pembungkus belanja instead of plastik belanjaan biasa. Tapi, kalo belinya cuma satu engga usah lah ya, taruh saja di tas lebih baik.

Innisfree

Meskipun saya pernah engga cocok menggunakan produk dari brand asal korea ini, tapi saya salut dengan Innisfree yang mengeluarkan campaign mengenai Empty Bottle Recycling. Terlebih lagi konsumen juga mendapatkan keuntungan dari points seperti halnya TBS.

Garnier

Pada tahun lalu, Garnier bekerja sama dengan Nutrifood dan Hero Supermarket untuk menyediakan dropbox bagi sampah kemasan merk mereka. Berita ini jadi kabar gembira bagi banyak orang karena selain produk-produk dari Garnier, kita juga bisa mengembalikan kemasan milik nutrifood seperti kotak susu dan kemasan sachet. Seperti brand brand yang disebutkan sebelumnya, Garnier juga baik banget, kasih hadiah ke konsumennya yang sudah ikut berkontribusi agar sampah kemasan dapat dikelola dengan baik.

Saya rasa segitu dulu yang dapat saya list, mungkin berikutnya saya akan tuliskan part 2 dan mencari tahu lebih banyak. Saya berharap dapat menulis sebanyak mungkin brand dari berbagai kategori produk, yang mengisyaratkan bahwa makin banyak pula produsen yang bertanggung jawab terhadap sampah kemasan mereka.

One thought on “Brand Ini Fasilitasi Pengembalian Sampah Kemasan

  1. Pingback: Belanja Online dengan Bijak dan Kelola Sampah yang Baik

Leave a Reply