Closer (2004)

Setelah menonton film drama romance Marriage Story, secara tidak sengaja saya menonton kembali film lama keluaran 2004 berjudul Closer. Soundtrack song yang saya taruh di bawah paragraf, sama frustatifnya dengan cerita percintaan yang rumit dari film ini.

Diperankan oleh Julia Roberts sebagai Anna, Jude Law sebagai Dan, Natalie Portman sebagai Alice dan Clive Owen sebagai Larry. Cerita film Closer (2004) meski dibangun dengan complicated dan jeda waktu yang mengecoh namun mampu mengaduk-aduk emosi penonton karena kisah yang relatable dengan konflik percintaan pada umumnya.

Diawali dengan pertemuan Dan dan Alice secara tidak sengaja hingga keduanya saling berhubungan dan tinggal bersama. Selang beberapa waktu Dan bertemu photograper profesional bernama Ann yang menjadi partnernya untuk menerbitkan novel terbaru. Dan dan Ann kemudian saling jatuh cinta hingga bermain api dibelakang. Pada akhirnya itu semua terungkap secara langsung dari mulut Dan dan Ann ke masing-masing pasangan.

Karakter Dan yang diperankan Jude Law sukses membuat saya kesal karena keegoisan dan ambisiusnya, meski di sisi lain terasa humanis. Alice layak mendapat simpati karena perasaan sakitnya dapat terhubung ke emosi penonton. Ann yang terlihat berpendirian tapi sebetulnya lemah dan Larry yang terus-terusan menggilai kebenaran.

Closer (2004) adalah penggambaran pencarian kejujuran atas perasaan masing-masing pasangan. Rentetan dialog Dan ke Alice saat memutuskan berpisah adalah yang paling jujur dan menyakitkan dari seisi film. Dan menyadari keputusannya berdasarkan keegoisan yang manusiawi. Berpikir bahwa meski Ia mencintai Alice, Ann bisa membuatnya lebih bahagia.

Sayangnya ending film ini memiliki twist yang cukup membingungkan. Seperti nama Alice yang sebenarnya adalah Jane Rachel Jones yang tidak pernah diungkapkan kepada Dan juga alasan menyembunyikannya. Diluar itu semua, saya rasa film ini cukup reflektif untuk mengangkat isu pengkhianatan dan kebenaran perasaan. #movierecommendation

Closer (2004) Movie Review

Leave a Reply