Lacak Kaki Lima – Street Vendors Tracking APP

Lacak Kaki Lima

Lacak Kaki Lima


Suatu hari, saya ingin sekali ngemil siumay langganan yang biasa lewat di depan rumah selepas maghrib. Saya sengaja pantengin di pinggir jalan agar tidak terlewat. 5 menit, 10 menit, 15 menit berlalu sampai saya yakin abang tukang siumay tidak lewat dan berakhir kecewa.

Ide ini muncul dari kekecewaan tersebut, saya jadi mikir bagaimana jika saya tahu lokasi Abang siomay dan pedagang kaki lima lainnya yang aktivitas berdagangnya dengan cara berkeliling, tentunya masa menunggu saya jadi lebih singkat dan pasti.

Lahirlah desain App yang saya buat sebagai self-study (dan terbuka jika Anda ingin bekerjasama) dengan nama App: Lacak Kaki Lima. App ini punya 2 sisi pengguna: sebagai pelanggan dan sebagai pedagang itu sendiri.

Sebagai pelanggan, kamu bisa melakukan live tracking pedagang kaki lima melalui QR Code yang telah kamu scan sebelumnya. Kamu juga bisa set reminder setiap kali pedagang itu mendekati lokasimu.

Ilustrasi

Sebagai pedagang, kamu bisa mendaftarkan diri untuk memfasilitasi pelanggan setia yang menanti kehadiranmu. Melalui pengisian profil yang lengkap, pelanggan dapat melihat berbagai informasi seperti: jadwal keliling, rute keliling dan button yang akan men-direct pelanggan mengkontakmu langsung.

Saya memahami bahwa di era digital ini, justru pedagang kaki lima lah yang tidak mendapat tempat untuk menjajakan jualannya secara online, sebagian besar karena tidak familiar dengan teknologi yang ada. Tetapi saya beberapa kali sempat melihat pedagang kaki lima yang juga memakai smartphone. Maka, karakteristik pedagang inilah yang menjadi target pedagang pada app Lacak Kaki Lima.




Saya berusaha membuat alur dan tampilan yang sederhana agar app ini dapat dipakai oleh pengguna dengan pengalaman minim, dimana hanya ada dua aspek utama yang ditawarkan: Pelanggan dapat melihat lokasi langsung pedagang, dan pedagang dapat otomatis menyiarkan lokasinya selama berada di jadwal keliling. Other way, pedagang selalu punya pilihan untuk aktif/menonaktifkan siaran lokasi jika itu yang Ia inginkan dengan mengatur tombol switch on/off lokasi.

Lacak kaki lima

Please check this complete prototype (by login with your Figma account first) and would love to see your comments 😀

Lacak Kaki Lima

Contact me?

Saya membuka peluang kerjasama bagi developer untuk menjadikan ini sebagai portfolio bersama atau bentuk kerjasama lainnya. Do not hesitate to contact me by clicking the button below:

Tags: UI UX Design, App Design, Product Design, Figma, Figma Prototype, Workspace

Leave a Reply