Membuat Filename yang Proper

Contoh filename asal-asalan

Saya ingin berbagi tips mengenai membuat filename yang proper. Saya percaya makin profesional seseorang, makin Ia memperhatikan hal-hal yang detail. Makin tidak diperhatikan hal-hal yang detail, semakin dipandang tidak profesional. Somehow begitu, apalagi bekerja dengan orang yang berasal dari kultur pekerja keras dan detail oriented. Punya celah sedikit, si careless mistake yang ga seberapa rasanya kayak dapat durian runtuh. Bukan karena rejeki, tapi karena duriannya jatuh tepat diatas kepala, sakit.

Salah satu hal yang tidak luput dari kesalahan kecil yang tidak kita perhatikan (atau improper, kalo tidak layak disebut kesalahan) adalah penamaan file. Seringkali saking hanya ingin asal save, penamaan folder atatu filename jadi terkesan asal-asalan.

Sampai sekarang case ini masih sering terjadi di segala sisi ocassion saya. Mulai dari pekerjaan, kuliah maupun namain folder hobby, dimana dalam folder ada folder lagi lalu ada folder lagi dan lagi seperti wafer yang banyak lapisannya tapi tida ada satupun yang dinamai dengan benar dan rapi.

Berdasarkan pengalaman dari seberapa mudah file atau folder dapat dicari, penamaan file dan folder dapat dilakukan dengan arrange berdasarkan tanggal, abjad atau kategori.

Contoh paling mudah yang pernah saya buat adalah bagaimana membuat folder dan filename kuliah.
Saya membuat folder pada local disk D dengan nama [Kuliah], isinya dibagi menjadi berbagai folder nama semester. contoh :

[Semester 1]
[Semester 2]
[Semester 3]
[Semester 4]

Setiap folder akan dibuat folder lagi berdasarkan mata kuliah apa yang diambil di semester tersebut
[B. Indonesia]
[Matematika]
[Manajemen]

Setiap folder mata kuliah, akan dibuat lebih lanjut folder dengan pembagian sebagai berikut
[Materi]
[Tugas]
[Latihan]

Saya akan membagi dua folder materi dengan menandai folder sebelum UTS dan Sebelum UAS. Selanjutnya inilah bagian yang tidak kalah penting, buatkan filename yang proper untuk setiap materi. Paling mudah adalah dengan format sebagai berikut :
yyyymmdd_Mata Kuliah_ Nama Materi.pptx

Sehingga dengan penamaan tersebut kita jadi lebih muda memutuskan membuka file yang mana ketika hendak mencari materi. Tanggal ditujukan untuk mengetahui tepatnya materi disampaikan atau dibuat, mata kuliah sudah pasti untuk mengidentifikasi dari mata kuliah mana materi ini berasal. Selanjutnya nama materi adalah penjelasan singkat tentang inti materi.

Semoga membuat folder dan filename yang proper ini dapat bermanfaat.

P.S :
Btw ide banget buat postingan begini wkwkwkwk

Leave a Reply