Menikmati Hal-hal Gratis di Jakarta

Kalau mau dicari-cari, ada banyak cerita buruk yang masih eksis di Jakarta, sampai engga berlebihan kalo orang melabeli Jakarta itu keras. Ibu kota yang jadi pusat segala-galanya. Dimana yin dan yan selalu ada. Tapi, bila kita mau lihat lebih dekat, Jakarta bukan cuma hitam dan putih. Terlepas dari pelik dan mahalnya hidup di Ibu kota, saya menikmati ke-gratis-an dari aktivitas-aktivitas menyenangkan berikut ini, yang mungkin bisa kamu coba:

  • Kontemplasi di Alur Bunyi
    Cobalah subscribe newsletter GoetheHaus, kamu akan dapat informasi sewaktu-waktu Alur Bunyi akan dimainkan lagi. Menonton Alur Bunyi selepas pulang kerja adalah momen yang pas, karena memang dilangsungkan pada malam hari. Ada banyak musisi yang pernah tampil disini. Awalnya banyak yang tidak familiar di memori saya, tapi justru malah nambah wawasan kalau ternyata ada musisi dan genre lain dari deretan pemusik mainstream yang sering kita dengar.
Alur Bunyi gratis di Jakarta
Alur Bunyi at Goethehause
  • Nonton Europe Film Festival di Embassy
    Sebenarnya tidak hanya Europe Film Festival, negara-negara lain juga sering bikin festival film di Jakarta untuk memperkenalkan film-film dari negara mereka. Tapi, Europe Film Festival adalah yang paling ditunggu-tunggu tiap tahunnya. Bukan saja karena acara ini gratis, tempat pemutaran filmnya juga ada banyak, kita bisa nonton film-film yang diputar secara maraton. Film yang paling berkesan yang pernah saya tonton judulnya Goodnight Mommy, film dari Austria yang dirilis pada 2014.
  • Baca buku dan menyepi di Perpusnas
    Perpusnas terlalu besar untuk dinikmati segelintir orang. Itu yang saya rasakan kalau sedang berkunjung di hari kerja. But, at the same time karena sepi, jadi tempat paling asyik buat chill sambil baca buku dan denger musik pake headphone di spotify (introvert mode on). Mencari informasi di Perpusnas juga lengkap, gratis dan mudah.
  • Cuci mata di Local Brand Bazar
    Memang si, datang ke exhibition pasti akan gatal-gatal kalau pulang engga bawa apa-apa. Tapi kalau memanjakan mata saja menurut kamu sudah cukup, wajib sekali untuk berkunjung ke berbagai local brand bazar keren yang gratis ini:
    – Semasa di Kota Tua
    – Pop Up Market
    – Market-Museum
    – LocalFest
    dan masih banyak lagi..
  • Beli Starb*cks, lalu dapat gratis tiket museum di Jakarta
    Yang terkahir ini sebenarnya hasil promo dari salah satu kedai kopi terkenal. Meski beli kopinya harus bayar, tapi jalan-jalan ke museumnya bisa gratis. Saya tahu promo ini sudah lama, tapi tidak mengikutinya lagi. Cara paling cepat agar jadi orang pertama yang dikabari adalah dengan add Line Official Starb*cks. Sewaktu-waktu promo semacam ini dikeluarin lagi, tiket museum dengan mudah didapat. #recommendation

Leave a Reply