Omikuji

Getting 大吉 Omikuji in Kyoto
Getting 大吉 in Kyoto

Saya berada di sebuah shrine (kuil shinto) di kota Kyoto, Jepang saat itu. Ada sebuah permainan menebak keberuntungan menggunakan bambu yang dikocok. Angka yang dikeluarkan diberitahu oleh petugas shrine. Saya mendapat secarik kertas, berisikan hasil yang saya dapat. Belakangan saya tahu, ini disebut dengan omikuji.

Omikuji dalam buku Things Japanese oleh Mock Jōya, diartikan sebagai prediksi masa depan yang tidak hanya memuat keberuntungan, tetapi juga kesialan dan hal buruk. Surat pengharapan ini didapatkan secara acak. Menurut penuturan dari petugas shrine di Kiyomizudera Kyoto, ada berbagai kategori tertulis yang bisa didapatkan didalamnya. Dari mulai yang paling beruntung atau daikichi, hingga terburuk yaitu daikyō. Urutannya sebagai berikut:
大吉 (daikichi) > 中吉 (chukichi) > 小吉 (shokichi) > 凶 (kyo) > 大凶 (daikyo) (sumber matcha.jp)

Saya mendapatkan dua kali 大吉 (daikichi) berturut – turut pada dua shrine di kyoto dan kobe yang saya kunjungi. Saya senang sekali, meski sebetulnya Omikuji sekarang ini bukan ramalan yang terlalu diambil pusing untuk dipercayai. Salah satu ritual yang menarik adalah ketika kita mendapatkan hasil buruk atau ketidakberuntungan, maka omikuji diikatkan pada sebuah besi khusus yang disediakan di shrine. Tujuannya, agar ramalan buruk tidak benar-benar terjadi. Well, ini hanya bagi orang-orang yang percaya.

Untuk mendapatkan surat pengharapan ini, saya perlu mengeluarkan beberapa yen (kalau tidak salah 100 atau 200 yen), untuk mendapatkan kertas yang berisikan hasil ramalannya. Di beberapa shrine, bukan hanya omikuji saja, terkadang kita juga bisa mendapatkan semacam jimat yang berbentuk seperti gantungan kunci. Di Kota Kobe, saya mendapat omikuji yang didalamnya juga terdapat jimat. Jimatnya kemudian saya selipkan di dompet. Berharap keberuntungan selalu melekat pada dompet saya.

 Getting 大吉 Omikuji in Kobe
Getting 大吉 in Kobe

Lantaran saya mendapatkan dua kali daikichi, yang mana artinya adalah keberuntungan. Saya rasa tidak ada salahnya untuk percaya. Memiliki daikichi omikuji adalah salah satu keberuntungan saya. Dan mempercayainya membuat saya punya alasan, untuk tidak ..
..
.. tidak gampang nyerah sama keadaan. Oke baique hehe.

#japan

Leave a Reply