Rasis

Kondisi politik dan hukum sedang kacau, bayang-bayang resesi ekonomi global, serta isu papua yang belum selesai. Negara kita sedang tidak baik-baik saja. Kasus yang terakhir itu, soal papua, pecah konflik disana banyak dibangun oleh isu-isu rasial. Momok menahun bagi orang-orang Papua menghadapi ‘saudara sebangsa’nya yang rasis. Ini adalah sebuah kemunduran.

Terlepas dari setuju atau tidak setuju soal referendum, dalam kapasitas saya, saya ingin menyoroti bagaimana isu SARA ini harusnya sudah tidak ada lagi. Tahun 1960, adalah masa-masa sulit untuk kaum kulit hitam di Amerika mendapat tempat di tengah kaum kulit putih yang rasial. Penggambaran ini bisa ditemukan dalam Green Book, film dari kisah nyata. Ketika Tony Lip, seorang bodyguard dari lingkungan Italia-Amerika di Bronx, disewa oleh Dr. Don Shirley pianis kulit hitam kelas dunia untuk menjadi seorang supir. Meski tampil sebagai bintang dalam acara kelas sosial tinggi, Don Shirley justru mendapat perlakuan yang tidak adil. Ini jadi kondisi yang disadari Tony bahwa perlakuan rasis hanya akan membawa korbannya pada penderitaan dan kesepian meski hidup di tengah kekayaan.

Green Book, adalah satu dari sekian banyak film bertema isu rasial yang perlu ditonton oleh lebih banyak orang Indonesia hari ini. Papua saat ini adalah apa yang tercerminkan dari kisah orang-orang kulit hitam di Amerika pada saat itu, meski kalau melihat debat antara Budiman Sudjatmiko dan Dandhy Laksono, konflik papua lebih kompleks dari yang saya bayangkan ya.

Menjadi rasis, baik itu dibangun dari rasa iri dengki atau tidak merasa setara -kalo mau disebut budaya- adalah budaya yang engga perlu dilestarikan. Ada baiknya kita mengontrol diri sendiri untuk tidak mengambil peran menjadi seorang rasis. Daripada memancing gesekan, yang lama-lama malah menjadi api.

Saya berharap saja, ini adalah ujian bagi Indonesia untuk memasuki era post racial, negara tanpa perbedaan ras dan diskriminasi. Tidak ada lagi perang saudara hanya karena perbedaan suku, ras atau agama.

#thought

Leave a Reply