You Should Write

Ada dorongan dalam diri untuk terus menulis. Selain karena memang suka, menulis juga bentuk terapi yang dianjurkan oleh dokter sebagai bagian dari journaling. Tetapi selain itu, menulis adalah upaya untuk menolak lupa.

Terkadang ketika sedang membuka arsip post terdahulu, seringkali tidak tahu apa yang sedang dimaksud dari tulisan itu. Saya sudah menyadari ini sejak lama, bahwa mungkin saya mengalami long term memory loss atau memang secara alamiah seiring dengan bertambahnya usia, penyimpanan di otak mulai membersihkan memori memori lawas untuk menyediakan ruang bagi memori baru.

Ini juga yang mendasari saya untuk enggan menghapus akun facebook, disana ada banyak sekali kenangan yang barangkali dibutuhkan untuk bernostalgia atau sekadar mengingat sesuatu.

Hari ini, gara gara ramai screenshot status dari akun facebook Anthony Ginting di tahun 2010an (yang mana lucu lucu banget), saya login lagi ke facebook yang sempat dideaktivasi. Lalu meluncur ke semua postingan zaman megalithikum dan menemukan banyak sekali tulisan yang saya tidak ingat pernah membuatnya. Sebagian tentang kegalauan, sebagian tentang sambat dan hal hal engga penting. Kemudian merasa aneh sendiri dan bertanya tanya, apakah ini diketik dengan sadar?

Contohnya seperti status dalam capture di bawah ini. Saat sedang scrolling, saya berhenti sejenak dan membaca kata demi kata, lalu bergumam sendiri… “yusar brian sadela siapeeee???”.

Setelah menggoogling, siapa itu Yusar Brian Sadela, saya baru ingat ternyata Ia adalah artis ftv. haha tapi saya tidak ingat pernah mengidolakannya. (Masa ngaku big fan, tapi lupa. Karbitan -_-)
Sebetulnya banyak status yang lebih aneh dari ini, tapi saya malu jadinya.

Tidak apa, saya biarkan mereka tetap eksis, kecuali yang mengandung SARA dan saru, yang mungkin bisa menjadi masalah di kemudian hari. Karena seru juga melihat perkembangan diri dari catatan atau karya yang pernah kita buat di masa lalu.

Since I write in a serious way day by day, I think I can be found in my journal if I lost myself. Every word I write, I write it with all my senses. I will always tell myself, you should write. Write and remember me..

Leave a Reply